Selasa, 24 April 2012

PKS MITRA POLISI


PKS SEBAGAI MITRA POLISI
Patroli Keamanan Sekolah atau disingkat PKS merupakan salah satu jenis kegiatan ekskul spesifik di sekolah tertentu yang mungkin dapat digolongkan sebagai vanity. Dalam kegiatan ekskul ini, para peserta didik dilatih menjadi semacam “polisi sekolah”. PKS juga merupakan wadah bagi peserta didik SMP / SMA / SMK untuk berlatih dan belajar untuk mecncari akar permasalahan social di lingkungan sekolah dan upaya – upaya penanganannya.

Dalam hal ini peserta didik juga diajarkan untuk peduli dan peka terhadap masalah social dan berperan aktif mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Masalah social yang mungkin muncul di lingkungan sekolah seperti antara lain : masalah lalulintas, perkelaian antar pelajar, narkotika dan obat – obatan terlarang, sex bebas / pornografi dan lain sebagainya.
PKS diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu, dengan cara kerja polisi lalulintas dan teknik beladiri, serta teknik – teknik intelejen menelusuri peredaran narkoba, serta latihan baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama gerakan – gerakan pengaturan lalulintas, yang biasanya diterapkan di lingkungan sekolah masing – masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.
Melalui kegiatan PKS ini diharapkan peserta didik juga menjadi mitra polisi untuk mencari akar permasalahan dan solusinya yang tepat. Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh peserta didik anggota PKS.
Tak sekedar menyebrangkan teman, mereka juga diharapkan membantu polisi untuk menelusuri peredaran narkoba di lingkungan sekolah. Luar Biasa Bukan ? Karenanya, pelajaran – pelajaran intelijen dan reserse juga diajarkan pada mereka.
Pembentukan PKS dimaksudkan untuk membangun community policing, salah satu strategi pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat oleh Polri. Konsepnya berawal dari keterbatasan jumlah personel polisi sehingga disadari pentingnya dukungan para generasi muda khususnya anak sekolah.
Sejauh mana kinerja PKS ini nantinya, dan siapkah para peserta didik melaksanakan tugas – tugas yang akan dibebankan kepadanya ? Tentunya siap, karena kepercayaan yang kita peroleh adalah dari tanggung jawab kita untuk melaksanakan semua tugas yang diberikan, dan mungkin beban yang akan kita hadapi akan ringan apabila kita melaksanakannya dengan penuh tulus ikhlas, dibalik keikhlasan kita juga akan memperoleh banyak manfaat pula yang kita peroleh demi kebaikan masyarakat, bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar