Sabtu, 07 April 2012

PROFIL SINGKAT PKS STURI


 PEMBINAAN DAN PELATIHAN PKS
Patroli Keamanan Sekolah atau yang biasa disebut PKS adalah suatu organisasi yang ditugaskan untuk menjaga kondusivitas dan keamanan sekolah sesuai dengan norma yang berlaku dan tidak mengedepankan senioritas sehingga membentuk hubungan layaknya keluarga.
Dalam menjalankan tugasnya, PKS SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal bekerjasama dengan POLSEK Dukuhturi. Kegiatan PKS sendiri tidak hanya latihan, menjaga event dan mengatur lalu lintas, tetapi juga pengakraban, buka bersama,  halal bihalal lintas angkatan dan masih banyak lagi.
Setiap tahun ajaran baru, akan diadakan seleksi PKS masa bakti baru oleh angkatan yang sebelumnya. PKS dibentuk dengan dasar:

1.       Surat Keputusan Departmen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan bekerja sama dengan keputusan Kepolisian Republik Indonesia.
2.       Instruksi mentri P dan K no 447/VIII-1/5 Tanggal 16 Pebruari 1984
3.       Juklak Kapolri no Pol : Jungklak/2/XII/1984 tanggal 28 Desember 1984 tentang pembentukan PKS.
4.       UUD LANTAS No.5 thn 1978
5.       Telegram Kapolri Jabar No. Pol: T/108/1994 pada tanggal 19 September 1994 tentang: Pembinaan dan Pemantapan PKS ditingkat SLTP/SLTA.

Seleksi PKS ini berupa pengaturan jalan raya, PBB, fisik dan juga mental. Setelah terpilih  anggota yang baru, akan diadakan diklat selama 3 hari yang bekerjasama dengan pihak POLSEK Dukuhturi dan SATLANTAS dalam pemberian materi.  Setelah itu, akan diadakan Pemantapan PKS. Pemantapan ini diadakan selama 2 hari 1 malam, menginap di SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
PKS memiliki beberapa tugas, yaitu:
1.       Menjaga keamanan dan ketertiban sekolah. Salah satu contohnya adalah sweeping ketika upacara bendera berlangsung. Tugas ini dilakukan oleh senior (angkatan sebelumnya).
2.       Menjaga setiap event sekolah. Selain mengenakan co card, PKS juga mengenakan jaket dan topi sebagai identitas dalam menjalankan tugas.
3.       Mengatur lalu lintas di depan sekolah atau biasa disebut PJR (Pengaturan Jalan Raya). PJR dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis dari pkl 06.30 – 07.00, dan siang hari dari pkl. 13.40 – 14.00. Saat PJR, PKS mengenakan seragam putih lengan panjang dengan lambang PKS di lengan kanan dan lambang Kepolisian di sebelah kiri, dan juga bagde SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal di saku kiri serta nama di atas saku kanan dengan celana/rok putih serta topi dan dilengkapi dengan sepatu PDH bagi petugas laki-laki dan Pantofel bagi perempuan.

 PKS (Patrolii Keamanan Sekolah) adalah ekstrakurikuler yang mendidik anggotanya untuk berdisiplin, berani, dan bertanggung jawab. Ekstrakurikuler ini bukan hanya bertugas sebagai pengatur lalu lintas. Secara umum PKS bertugas menjaga keamanan dan kondusivitas di lingkungan SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal pada saat KBM maupun diluar KBM (event-event di SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal). Untuk memudahkan dalam menjalankan tugasnya, PKS SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal bekerjasama dengan POLTABES Surakarta. Anggotanya sendiri dipilih melalui seleksi yang ketat sehingga berkualitas baik fisik maupun mental.
but.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar